Followers

10/16/2009

PENGERTIAN MULTIMEDIA

. 10/16/2009

Multimedia berasal dari dua kata yaitu “multi” dan “media”, multi berarti beberapa dan media berarti tempat, sarana atau alat yang digunakan untuk menyimpan informasi. Jadi berdasarkan kata, ‘multimedia’ dapat diasumsikan sebagai wadah atau penyatuan beberapa media yang kemudian didefinisikan sebagai elemen-elemen pembentukan multimedia.
“Multimedia merupakan suatu file atau sesuatu yang secara konvensional bukan data yang alphanumerical”. Secara umum, multimedia dikenal sebagai image, audio, video, dan text. Heller dan Martin mengklasifikasikan media seperti pada table di bawah ini. Elaboration menerangkan pengaplikasian dari tipe-tipe media, representation menerangkan gambaran tipe media yang dapat dihasilkan.

Tabel 1: Klasifikasi Media oleh Heller dan Martin
Data multimedia biasanya diartikan gambar digital, suara, video, animasi dan grafis bersama-sama dengan data teks. Akuisisi, pembuatan, penyimpanan dan pengolahan data multimedia dalam suatu komputer dan transmisi melalui jaringan telah berkembang dengan pesat akhir-akhir ini. Perkembangan yang luar biasa ini dimungkinkan karena adanya 3 hal:
1. Penggunaan PC secara luas, dan kekuatan komputasional dari PC yang terus meningkat. Serta perkembangan teknologi yang menghasilkan peralatan beresolusi tinggi yang dapat menangkap dan menampilkan data multimedia (kamera digital, scanner, monitor dan printer), dan hadirnya penyimpanan data berdensitas tinggi.
2. Jaringan komunikasi data tingkat tinggi telah tersedia sekarang.
3. Beberapa aplikasi spesifik dan aplikasi masa depan perlu hadir dengan data multimedia.
Tren ini diharapkan semakin meningkat di masa depan, Multimedia dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan. Multimedia menyediakan penyebaran informasi yang lebih efektif dalam bidang sains dan teknik, obat-obatan, biologi modern dan ilmu-ilmu sosial. Multimedia juga memfasilitasi perkembangan paradigma baru pada pengajaran jarak jauh, dan hiburan yang interaktif. Sejumlah besar data dalam aplikasi multimedia yang saling berhubungan dijamin harus memiliki database karena database menyediakan konsistensi, konkurensi, integritas, keamanan dan ketersediaan data.
Dari persektif pengguna, database menyediakan fungsionalitas untuk kemudahan manipulasi, query dan pengambilan informasi yang relevan dari kumpulan simpanan data yang besar. Databasepun harus berurusan dengan penggunaan volume data multimedia yang digunakan dalama banyak aplikasi perangkat lunak yang terus meningkat. Aplikasi ini meliputi perpustakaan digital, manufaktur, retail, sen, hiburan dan jurnalisme.
Beberapa kualitas inherent dari data multimedia telah mempengaruhi secara langsung dan tidak langsung pada desain dan perkembangan ke multimedia database. Multimedia database diharapkan menyediakan semua fungsionalitas dan fitur yang bisa dilakukan oleh database tradisional. Multimedia database harus bisa menyediakan framework yang seragam untuk meyimpan, mengolah, mengambil menyebarkan dan menyajikan beberapa tipe media data dalam banyak variasi format. Pada waktu yang sama, mereka harus bisa mengatasi batasan-batasan numeris yang normalnya tidak didapati pada database tradisional.

0 comment:

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com